CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Selasa, 16 April 2013

MERANGSANG KECERDASAN BAYI DENGAN MUSIK


ABSTRAK: Kecerdasan adalah kualitas otak dalam menalar atau mencerna suatu masalah. Kecerdasan bisa dirangsang dengan musik sejak masih dalam kandungan. Musik sebagai media rileksasi untuk ibu yang sedang mengandung. Selain itu juga menstimulasi bayi di dalam rahim, merangkai emosional antara ibu dan bayinya,serta dapat menolong ibu hamil agar dapat mempertahankan keseimbangan kesehatan jasmani,pikiran dan emosi.

Kata-kata kunci : kecerdasan, musik, bayi, rahim.
PENDAHULUAN
Bicara tentang kecerdasan, tentu saja tidak bisa terlepas dari masalah kualitas otak. Kecerdasan atau yang biasa dikenal IQ digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran dalam menalar atau mencerna suatu masalah dan merujuk pada kapasitas mental dalam berpikir.
Semua orang pasti ingin dirinya cerdas, kecerdasan bisa saja diturunkan dari orang tua atau dari lingkungan sekitar. Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang sehat, aktif, dan cerdas sehingga banyak yang membekali anak-anak mereka dengan berbagai macam keterampilan atau kursus yang bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan kecerdasan otak. Untuk menjadi seseorang yang cerdas orang tua bisa mempersiapkannya sejak dini atau masih dalam kandungan. Dengan merencanakan kehamilan dengan baik dan terprogram. Dengan cara ini kebutuhan biologis (fisik) ibu hamil berupa nutrisi terpenuhi.
Selain itu seorang ibu hamil tidak menderita penyakit yang akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam kandungannya. Kebutuhan nutrisi itu sendiri, sebenarnya bukan hanya ketika ibu mengandung, melainkan ketika ia siap untuk mengandung pun sudah harus memperhatikan gizi, makanan, dan komposisi nutrisinya  lengkap, sehingga ketika ia hamil, dari segi fisik sudah siap dan proses kehamilan akan berlangsung optimal secara nutrisi.
Salah satu cara untuk merangsang kecerdasan adalah dengan musik.  Musik adalah perangsang kecerdasan yang paling baik. Saat janin masih berusia 24 minggu di kandungan , telinganya sudah bisa berinteraksi dengan bunyi-bunyian. Dan, seorang bayi dapat mendengar serta merespon berbagai bunyi-bunyian dan suara yang mampir di telinganya.

Terapi yang diterapkan berguna sebagi media rileksasi untuk ibu yang sedang mengandung. Selain itu terapi juga berguna untuk menstimulasi dini janin, merangkai hubungan emosional antara ibu dan janinnya, serta dapat menolong para ibu hamil agar dapat mempertahankan keseimbangan kesehatan jasmani, pikiran dan emosi.
Berdasarkan uraian di atas maka makalah ini disusun untuk menjelaskan dan memberikan pandangan tentang bagaimana merangsang kecerdasan janin dan pengaruh musik untuk kecerdasan janin. Bagaimanakah cara merangsang kecerdasan bayi? Bagaimanakah pengaruh musik untuk kecerdasan bayi? Mengetahui cara merangsang kecerdasan janin?Mengetahui pengaruh musik untuk kecerdasan janin
BAHASAN
Merangsang Kecerdasan Bayi
Selama 3 bulan pertama masa kehamilan sebagian besar anggota gerak serta organ tubuh bayi seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan kandung kencing terbentuk. Selanjutnya pada usia 8 minggu kehamilan mata, lubang hidung, dan mulut bayi akan terbentuk, pada waktu itu juga otak bayi juga mengalami perubahan yang berlangsung dengan cepat. Pembentukan jaringan penghubung antarsel otak terbentuk secara signifikan setelah bayi dilahirkan. Pada masa kehamilan janin dalam rahim mampu menghasilkan 250 sel otak baru setiap menitnya. Pembentukan sel-sel otak tersebut akan sempurna pada usia kandungan 7 bulan. Jadi dapat dikatakan, kehidupan di dalam rahim berperan penting dalam pembentukan dan penyebaran sel-sel otak. Sedangkan kehidupan di luar rahim berperan dalam pembentukan jaringan antarhubungan sel-sel otak tersebut.

Kehidupan di dalam rahim sangat jauh dari kondisi pasif. Janin bereaksi dengan bermacam-macam suara, rasa, perubahan cahaya, tekanan perut ibunya, serta emosi yang disalurkan kepada ibunya. Sebenarnya, bayi tidak mengerti apa yang dikatakan, didengar, atau dirasakan ibu, tetapi bayi dapat menghubungkan perubahan intonasi suara atau tanda-tanda perubahan fisiologis lainnya dengan apa yang dialami ibu. Bulan terakhir kehamilan adalah saat untuk memulai pembicaraan dengan bayi dalam rahim, sekaligus untuk memulai suatu proses ikatan antara ibu dengan bayi. Dengan cara-cara seperti itu, kecerdasan janin akan terangsang. Bayi akan merasa nyaman dan tenang.

Selain itu untuk merangsang kecerdasan anak sejak dini yaitu masih di dalam kandungan bisa dilakukan orang tua terutama ibu. Dengan perlindungan anak dalam kandungan yaitu Ibu harus menghindari menggunakan obat-obat tanpa resep dokter.
Menurut Armstrong (2003:20) cacat lahir yang disebabkan obat itu semakin jelas. Ribuan perempuan mengkonsumsi thalidomide selama tiga bulan pertama kehamilan melahirkan bayi dengan disertai sejumlah cacat lahirtermasuk jari tangan dan kaki yang menyatu, cacat mata, telinga, hidung, jantung, dan masalah stuktural di mana baik tungkai dan lengan hilang atau kaki dan tangan tertempel pada torso seperti sirip-sirip ikan.
Sudah terbukti obat-obat tanpa resep dokter sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang di kandungnya. Tapi,tentu saja tidak setiap obat menimbulkan resiko demikian. Sebaiknya bicarakan dengan dokter obat mana yang aman dikonsumsi saat kehamilan dan mana yang harus dihindari.Jangan mengkonsumsi alkohol saat hamil. Mengkonsumsi alkohol saat hamil sangat berbahaya terutama bagi janin. (menurut Armstrong,2003)

Liver pada bayi tidak akan mampu menyaring alkohol seefektif tubuh ibunya, dengan demikian alkohol akan mengalir di dalam aliran darah bayi dua kali lipat lamanya dengan yang terjadi dalam tubuh ibunya dan hal ini akan menyebabkan tingkat kerusakan seluler yang lebih besar. Resiko ini sangat berbahaya, janin bisa lahir dengan kelainan kepala kecil, jantung cacat, penundaan pertumbuhan,serta cenderung bersifat sensitif, hiperaktif dan rentan terhadap serangan jantung.Jangan merokok selama kehamilan dan hindari berada di ruangan berasap.Merokok saat hamil sama bahayanya dengan mengkonsumsi alkohol saat hamil. Selain itu perokok pasif juga memiliki resiko yang lebih besar. (menurut Armstrong,2003) Asap rokok akan merusak oksigen sehingga suplai oksigen ke janin akan berkurang,ini akan menghambat perkembangan otak janin. Ada beberapa kajian yang menunjukkan merokok saat hamil akan menurunkan tingkat pertumbuhan janin dan meningkatkan resiko keguguran selama masa kehamilan. Resikonya tidak hanya berhenti meskipun bayi sudah lahir. Bayi tersebut cenderung hiperaktif dan mengalami masalah dalam pembelajaran. Hindari radiasiKebanyakan dari dampak radiasi baru diketahui bertahun-tahun setelah kelahiran seseorang. Misalnya, anak yang terkena radiasi yang nampaknya normal dapat menderita resiko terkena kanker yang lebih tinggi.

Untuk merangsang kecerdasan pada anak bisa dilakukan dengan (1)Mengajak bicara,jangan malu dan segan untuk meluangkan waktu untuk buah hati dengan mengajak bicara. Bicaralah dengan suara lembut, supaya bayi di dalam rahim mengenal suara ibunya yang penuh kasih sayang. Bila perlu, ajaklah bayi untuk mengenal suara sang ayah, dengan meminta ayah berbicara dengan bayi dengan jarak yang berdekatan dengan perut ibu.(2) Mendongeng untuk bayi. Aktif dalam berbicara supaya bayi  mengenal berbagai kosa kata baru meskipun sang bayi masih ada di dalam kandungan dan belum tahu artinya. (3)Bernyanyi setiap hari, supaya bayi bisa mendengarkan suara nyanyian itu. Nyanyian seorang ibu,  bisa menenangkan hati buah hati. Namun tentu saja, bernyanyi lagu-lagu yang menenangkan hati.(4)Luangkan waktu  untuk berdoa. Berdoa dengan mengucapkan doa-doa itu, tidak hanya di dalam batin. Hal ini juga sangat penting untuk menstimulasi kecerdasan sang anak, terutama kecerdasan spiritualnya. (5)Makan-makanan yang bergizis elama bayi ada di dalam kandungan, makan-makanan yang bergizi, terutama yang bisa memacu pertumbuhan otak sang anak. Makanan-makanan tersebut antara lain yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Juga makanan yang mengandung banyak vitamin, misalnya makanan yang mengandung vitamin B1, B6, asam folfat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, dan lain-lain. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang sumber makanan tadi. Usahakan untuk tidak sembarangan memberikan multivitamin agar tidak mengganggu kesehatan fisik atau mental buah hati  untuk kedepannya nanti.(6)Kurangi Stress, ternyata, stress dapat mengganggu pertumbuhan kecerdasan sang bayi. Maka pada masa kehamilan mencapai enam bulan, janganlah terlalu banyak bekerja. Terutama hindarilah pekerjaan-pekerjaan yang bisa memacu tingkat stress. Bila merasa stress, buah hati yang masih ada di dalam kandungan pun bisa merasakannya.(7)Lakukan kegiatan yang menyenangkan, Ibu perlu melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Ibu dan sang buah hati. misalnya, bila Ibu gemar bermain atau mendengarkan musik, lakukanlah kegiatan ini agar merasa senang. Kegembiraan yang Ibu rasakan juga bisa memacu kecerdasan buah hati.


Pengaruh musik untuk kecerdasan bayi

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Mendengar musik adalah hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Bunyi musik yang diperdengarkan pada bayi yang masih di dalam rahim, dapat berperan penting dalam perkembangannya. Reaksi bayi di dalam rahim terhadap musik bukan merupakan suatu reaksi reflek atau otomatis. Melainkan musik yang menimbulakan reaksi emosional pada bayi. Musik dapat menggairahkan dan merangsangnya, atau dapat membuatnya mengantuk dan rileks.

Musik yang didengar bayi di dalam janin setiap hari akan membuat bayi bergerak dengan gerakan kecil mengikuti irama musik. Menurut Karmiloff; (2003:19-20)  Gerakan tersebut sebenarnya memperlihatkan suatu bentuk pemikiran yang logis, yaitu membangun suatu hubungan yang rumit antara apa yang dia dengar dengan apa yang yang dia lakukan, mempelajari pola suara, mengingat apa yang dialami, dan menggunakan memori tersebut untuk bereaksi terhadap apa yang akan dialami di masa datang. Jenis musik yang di dengar bayi di dalam kandungan juga sangat mempengaruhi, musik yang baik adalah musik yang disukai ibu terutama musik atau lagu yang membuat tenang dan rileks.

Musik dapat membantu kecerdasan berpikir dan mengendalikan emosi anak. Sejak usia 32 minggu, bayi di dalam rahim telah dapat mengingat musik yang didengarnya setiap hari, dan dapat mengenali musik tersebut setelah dia dilahirkan. Seorang bayi dapat mendengar serta merespon berbagai bunyi-bunyian dan suara yang di dengar  di telinganya. Mendengarkan musik pada bayi di dalam rahim bisa dilakukan dimanapun, ibu bisa melakukannya saat selama waktu istirahat. Instrument musik yang dipakai bisa seruling, harpa, atau juga irama music yang teratur , misalnya religi,klasik.
           
Namun tingkat kecerdasan yang utama ialah keturunan, kemudian asupan gizi selama janin berada dalam rahim dan setelah bayi dilahirkan. Hal lain yang dapat yang dapat membantu kecerdasan anak adalah rangsangan psikososial yang harus diberikan seawal mungkin yang sesuai dengan perkembangan otaknya, termasuk memberikan rangsangan musik. Terapi yang diterapkan berguna sebagi media rileksasi untuk ibu yang sedang mengandung. Selain itu terapi juga berguna untuk menstimulasi dini janin, merangkai hubungan emosional antara ibu dan janinnya, serta dapat menolong para ibu hamil agar dapat mempertahankan keseimbangan kesehatan.

Manfaat terapi musik dalam kehamilan sebagai upaya mengoptimal kan kecerdasan si kecil(1)bagi ibu hamil atau ibu setelah melahirkan, terapi musik dapat menimbulkan reaksi psikologis karena musik bisa menenangkan dan memberikan perasaan(2) melalui terapi musik dapat menyongsong masa depan bayiatau anak yang lebih cemerlang karena menghadapi era globalisasi individu yang memiliki keterampilan otak akan dihargai lebih tinggi dan sangat dibutuhkan dibandingkan individu yang hanya mengandalkan kekuatan otak.(3)kegiatan terapi musik ternyata dapat membantu ibu hamil agar terapi dapat mempertahankan kesehatan jasmani, pikiran dan emosi.(4)melalui rangsangan-rangsangn musik yang diperdengarkan kepada janin atau bayi secara teratur, maka dapat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi tersebut kelak di kemudian hari.(5)maka dalam diri anak kelak akan tumbuh kepribadian yang kuat dan dia mampu menyerap banyak hal.(6)dengan terapi musik menjadi janin atau anak dapat meresapi musik,yang berarti dia juga mampu memahami perasaan orang lain.

PENUTUP
Simpulan
            Untuk menjadi orang yang cerdas bisa dipersiapkan sejak dini atau masih dalam kandungan. Orang tua sangat berperan penting dalam hal ini. Selain faktor keturunan, ada faktor lain yang ikut mempengaruhi. Interaksi antara ibu dan anak dapat membuat bayi di dalam rahim tenang, dengan interaksi ini kedekatan ibu dan anak akan semakin nyata ketika bayi sudah dilahirkan.

            Interaksi bisa dengan musik, dengan musik ketenangan ibu juga dirasakan bayi di dalam rahim. Musik juga dapat membantu kecerdasan berpikir dan mengendalikan emosi anak. selain itu kesehatan ibu juga harus diperhatikan, dengan pola hidup sehat dan menghindari makanan yang membahayakan.

Saran
            Ibu hamil dapat merangsang kecerdasan bayi dalam rahim dengan berinteraksi dan menghindari hal-hal yang di anggap akan mempengaruhi kondisi bayi di dalam rahim. Namun, sebaiknya tidak itu saja, ibu hamil dianjurkan menjaga pola hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi dan menghindari rokok dan alkohol.

DAFTAR RUJUKAN
Armstrong,Thomas.2003.Smart Baby’s Brain.Jakarta:Prestasi Pustakaraya.
Karmiloff,Kyra;Karmiloff,Annette.2003.Segala hal yang ditanyakan oleh bayi Anda.Jakarta:Erlangga.

0 komentar:

Poskan Komentar